Kuliner Jejepangan: Hakata Ikkousha Ramen

Sebagai salah satu self-proclaim penggemar budaya Jepang, tentu saja saya juga menyukai berbagai macam makanan ala Jepang pula. Ramen juga menjadi salah satu menu favorite saya diantara banyak hidangan khas Jepang. Sayangnya, beberapa restoran ramen yang saya ketahui di Indonesia itu rata-rata antara rasanya biasa saja, atau mengandung substansi ikan hidung pesek sehingga tidak bisa saya santap secara terang-terangan.

Namun beberapa waktu yang lalu, saya menemukan sebuah restoran ramen yang mengaku tidak memakai substansi ikan hidung pesek di dalam masakannya. Berlokasi di basement Senayan City, nama restoran yang saya maksud adalah Hakata Ikkousha Ramen.

No Pork No Lard, okesip

Kertas putih itu bertuliskan “No Pork No Lard”, okesip

Saya kebetulan mampir ke restoran ini bersama Mas Hakujinpls untuk makan siang. Singkat kata, kami langsung masuk dan melihat menu dari Hakata Ikkousha ini. Makanan yang ditawarkan disini cukup sederhana, isi menunya sebagian besar didominasi oleh variasi ramen, sementara menu lain seperti nasi kari dan nasi goreng tidak sebanyak variasi ramen yang disediakan.

Menu ramen tanpa substansi ikan hidung pesek

Menu ramen tanpa substansi ikan hidung pesek

Saya mencoba untuk memesan Ramen Ayam TamTam, karena namanya lumayan catchy di telinga saya. Sementara Mas Hakujinpls memilih Ramen Ayam Kari, dengan harapan bisa menandingi rasa superior dari Indomie Kari Ayam. Saat memesan ramen, kita juga diberi pilihan mie yang bisa dipakai serta dapat menambah topping dalam ramen yang akan dipesan. Saat itu kami berdua memesan mie kecil tanpa tambahan topping apapun.

Tidak ada topping ikan hidung pesek

Tidak ada topping ikan hidung pesek

Oh ya, saya juga memesan gyoza ayam sebagai menu sampingan dari Ramen Ayam TamTam tadi. Mas Hakujinpls pun tiba-tiba bilang ke saya bahwa menu makan siang kali ini “Salary Man Jepang banget, memesan ramen dan gyoza untuk makan siang”.

Itu sausnya lumayan pedas

Itu sausnya lumayan pedas

Tidak lama kemudian, kedua ramen yang kami pesan datang secara bersamaan. Kasat mata, ramen kami berdua tampak sama, untungnya ada sedikit perbedaan di warna kuah ramen masing-masing sehingga saya bisa mengenali mana ramen yang saya pesan.

Kiri: Ramen Ayam Kari. Kanan: Ramen Ayam TamTam Serupa tapi tak sama

Kiri: Ramen Ayam Kari. Kanan: Ramen Ayam TamTam
Serupa tapi tak sama

Jujur saja, Ramen Ayam TamTam yang saya pesan ini adalah salah satu ramen terbaik yang pernah saya coba. Ini sudah hampir menyamai kasta Indomie Kari Ayam menurut saya pribadi. Saya pun sempat menyicipi Ramen Kari Ayam dari Mas Hakujinpls, not bad tapi saya lebih suka Ramen Ayam TamTam. The best part is, no pork no lard cuy, jadi saya memakan ramen ini pun menjadi tidak ragu dan sangat syahdu.

Penasaran pengen nyicip ramen tapi bukan pemakan substansi ikan hidung pesek? Ingin menikmati ramen panas di cuaca hujan dan dingin dengan syahdu? Silahkan bertandang ke Hakata Ikkousha Ramen cabang Senayan City. Sebetulnya ada beberapa cabang lagi di tempat lain dari Hakata Ikkousha ini, tapi hanya cabang Senayan City yang menyajikan ramen versi barokah.

Official website Hakata Ikkousha Indonesia: http://ikkousha.co.id/

Iklan

2 pemikiran pada “Kuliner Jejepangan: Hakata Ikkousha Ramen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s