AFA11 Report Part 1 – Hatsune Miku Concert

Pertama-tama, maafkan saya karena report ini bisa dibilang termasuk “report agak telat”, karena saya juga baru kepikiran untuk menulis report ini setelah seorang teman saya memaksa untuk mengulas konser yang satu ini.

Anyway, AFA11 ini adalah AFA keempat yang saya ikuti, dan menurut saya AFA11 ini adalah AFA dengan jumlah pengunjung paling padat. Tidak percaya? Sila tengok foto dibawah ini.

1 jam sebelum pintu dibuka

Jadi, perjalanan saya di AFA11 ini dimulai dari hari Jumat 11-11-2011, dengan menonton konser mbaksis Hatsune Miku di Suntec Convention Centre. Sebenarnya saya hampir tidak bisa menghadiri konser ini karena saya telat memesan tiket standing yang kemudian habis hanya dalam beberapa hari saja. Namun ternyata saya masih diberi kesempatan untuk menonton konser ini dikarenakan oleh masbro Arwin yang bersedia repot-repot memesankan tiket tambahan untuk saya, terima kasih masbro! :mrgreen:

Mikupa AFA11

Saya sebenarnya bukan fans berat Vocaloid, tapi saya memang suka beberapa lagu Vocaloid terutama lagu yang dibawakan oleh mbaksis Megurine Luka. Selain itu saya juga penasaran dengan konser yang menggunakan “3D Live Performance” untuk membuat para Vocaloid tersebut menjadi nyata di atas panggung. Karena alasan tersebut lah, saya jadi meneguhkan hati untuk menonton konser ini.

Menurut jadwal, pintu konser mulai dibuka jam 6 sore dan konser dimulai jam 7 sore. Untuk mengantisipasi agar bisa mendapatkan tempat yang bagus, saya dan masbro Arwin mulai mengantri disana sejak jam 4 sore. Namun nampaknya jam 4 sore itu masih belum cukup untuk mendapatkan posisi yang bagus, sebab sesampainya disana ternyata sudah ada antrian di depan pintu konser walaupun tidak panjang. Disana kami juga bertemu dengan masbro Altuz yang ternyata juga ikut menonton konser, hanya saja dia memegang tiket VIP yang berarti dia tidak perlu mengantri seperti kami. Cih. 😛

Selama menunggu venue konser dibuka, saya dan masbro Arwin memprediksi lagu-lagu yang akan dibawakan dalam konser ini sembari bermain game Project Diva di PSP. Saya hanya bisa menyumbang prediksi lagu mainstream dari Vocaloid dikarenakan  keterbatasan pengetahuan saya, namun kami berdua saat itu yakin sekali bahwa konser ini akan dibuka dengan lagu “The World Is Mine”

Jam 6 sore, pintu venue mulai dibuka, manusia pemilik tiket standing mulai berlomba-lomba berebut posisi terbaik di dalam venue. Saya sendiri, terpisah dari masbro Arwin dan terpaksa mencari tempat sendiri. Saat itu saya lumayan beruntung karena mendapat posisi tidak jauh dari posisi terdepan di area standing. Dan selama sejam menunggu untuk konser dimulai, saya benar-benar hampir mati kebosanan karena tidak membawa apa-apa selain handphone.

Jam 7 sore, tiba-tiba venue konser menjadi gelap, hanya diterangi oleh beberapa lightstick yang dinyalakan oleh penonton. Panggung kemudian menjadi terang diiringi oleh suara Hatsune Miku yang muncul membawakan lagu Hajimete no Koi ga Owaru Toki. Spontan semua orang yang mengisi ruangan konser berteriak dan mulai mengayunkan lightstick mereka, mengiringi lagu yang sedang dibawakan. Saya sendiri hanya membawa 2 buah lightstick, dan saya memilih untuk menyimpannya dahulu untuk lagu lainnya.

Lagu kedua juga tidak kalah serunya, Rolling Girl langsung dimainkan dan membuat penonton semakin liar mengayun-ayunkan lightstick mereka. Dilanjutkan lagi dengan Nisoku Hokou dan kemudian Albino, dimana saat lagu ini dimainkan tiba-tiba sempat muncul sepasang sayap putih di belakang Miku yang dengan sukses membuat seisi ruangan konser bersorak kencang.

Love Word kemudian mulai dimainkan setelah lagu Albino selesai, yang dengan sukses menurunkan adrenaline penghuni ruangan konser yang diberi lagu bertempo cepat sejak lagu pertama. Di lagu ini saya mulai menyalakan lightstick saya karena kebetulan ini adalah salah satu lagu dari composer favorite saya, OSTER Project. Di lagu berikutnya, E? Aa, Sou, penonton kembali mulai menjadi liar mengayun-ayunkan lightstick mereka, saya sendiri sempat melakukan air piano saat lagu ini dimainkan. 😆 Di lagu ini Miku juga sempat kabur-kaburan dari lampu sorot panggung, sempat membuat saya tertawa kecil sebentar. 🙂

Musunde Hiraite Rasetsu to Mukuro lalu dibawakan masih oleh mbaksis Hatsune Miku, dalam lagu ini sebagian besar penonton mulai ber-karaoke mengikuti lirik lagunya, yang saya akui memang catchy walau saya pada saat itu belum tau sama sekali tentang lagu ini. 😛 Intro dari Hatsune Miku no Gekishou kemudian dimainkan sebagai lagu terakhir Miku sebelum digantikan Luka.

Selepas lagu Gekishou selesai, Miku menghilang dari atas panggung, yang kemudian mas pianist mulai memainkan intro dari RIP = RELEASE dari mbaksis Megurine Luka, spontan saya langsung teriak histeris dan mulai menyalakan lightstick saya yang satu lagi berwarna ungu muda. Double Lariat menjadi lagu kedua yang dibawakan oleh mbaksis Luka, saya sebenarnya ingin melakukan lariat saat lagu ini dimainkan, namun nampaknya niat tersebut harus saya urungkan demi kenyamanan orang lain. Luka LukaNight Fever menjadi lagu ketiga yang dibawakan oleh mbaksis Luka, yang benar-benar membuat saya bahagia karena ketiga lagu yang dibawakan oleh Luka semuanya itu adalah favorite saya. :mrgreen:

Setelah itu, tiba-tiba Luka menghilang dari atas panggung, yang kemudian digantikan lagi oleh Miku dengan lagu Watashi no Jikan. Saya jujur agak kecewa begitu tau bahwa Luka hanya membawakan 3 lagu, namun Ya Mau Gimana Lagi? 😛 Miku kemudian melanjutkan dengan PoPiPo, *Hello Planet, Kocchi Muite Baby, dan Yellow yang dimana ketiga lagu ini juga dipenuhi dengan backing vocal oleh penonton, termasuk saya. 8)

ColourfulxMelody kemudian dibawakan oleh duet Hatsune Miku dan Kagamine Rin, dimana membuat fans Rin berteriak histeris. Koreografi lagu ini menurut saya sangat bagus, dan mungkin adalah koreografi terbagus di konser ini. Rin lalu mulai membawakan lagu Melancholic dan Kokoro, dimana saat lagu Kokoro dimainkan saya sempat melihat sekumpulan fans wanita di dekat saya menangis. Setelah balada galau massal karena lagu Kokoro, Rin kemudian digantikan oleh Kagamine Len yang membawakan lagu Migikata no Chou. Saya sempat kaget karena Len membawakan lagu ini tanpa duet dengan Rin, dan nampaknya sebagian besar penonton juga kaget dan bertanya-tanya setelah lagu tersebut selesai. Len kemudian membawakan Fire Flower yang setelah itu kembali digantikan oleh Rin dengan lagu Iroha Uta.

Miku kembali ke panggung dengan lagu Time Machine, disambut oleh penonton dengan meriah. Aria yang merupakan salah satu lagu favorite saya kemudian dibawakan, dalam lagu ini pula Miku kemudian memperkenalkan personil band kepada semua pengunjung konser, dimana saya tidak ingat satupun namanya sama sekali. 😆 Setelah Aria selesai, Miku secara tiba-tiba berkata “Last song” sebelum membawakan lagu berikutnya, membuat seluruh pengunjung konser menjadi sedikit kecewa. Lagu terakhir Miku Miku ni Shite Ageru dengan sukses membuat seisi ruangan meloncat-loncat dan mengayunkan lightstick mereka secara brutal, sementara lightstick saya sudah tidak bernyawa lagi.

Selesai? Tentu tidak, semua orang jelas belum puas, mereka pun kemudian berseru “Encore! Encore! Encore!” yang kemudian menjadi “Miku! Miku! Miku!”, berharap supaya Miku kembali ke atas panggung dan menyanyikan kembali lagu-lagu favorite mereka. Tak lama, para personil band kembali lagi ke atas panggung dan disambut dengan gembira oleh penonton.

Intro Uta ni Katachi wa nai Keredo kemudian dimainkan, dilanjutkan dengan kembalinya Miku ke atas panggung dengan kostum wedding dress. Saya belum pernah mendengar lagu ini sebelumnya, namun setelah mendengarnya di konser sekarang ini menjadi salah satu lagu favorite saya. :mrgreen: Encore kedua adalah lagu Melt yang merupakan salah satu masterpiece dari composer Supercell, lagu ini dengan sukses membuat seisi ruangan konser menjadi meriah, semua orang di dalam ruangan konser mengiringi Miku menyanyikan lagu tersebut. Lagu ini memang salah satu lagu yang wajib didengar di jajaran lagu Vocaloid, sampai-sampai salah satu teman saya berkata “Kalo tau Vocaloid tapi gak pernah dengerin Melt, positive posers tuh orang” 😆

Selesai membawakan lagu Melt, personil band pun mulai maju ke depan panggung, memberi hormat serta mengucapkan terima kasih kepada penonton konser ini. Lalu mereka kembali masuk ke belakang panggung, Miku pun menghilang dari pandangan, dan ruangan konser kembali terang pertanda bahwa konser telah usai.

Sekarang saatnya saya bercuap-cuap tentang kesan saya di konser ini :mrgreen:

Overall, konser ini adalah salah satu konser terbaik yang pernah saya saksikan saat Anime Festival Asia berlangsung sejak tahun 2008, yang tentu saja konser terbaik di AFA bagi saya masih dipegang oleh JAM Project. Pertamakalinya di AFA saya menonton konser dengan instrument secara live, dimana di tahun-tahun sebelumnya hanya menggunakan rekaman. Vibe yang saya rasakan di konser ini benar-benar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, instrument yang dibawakan secara live benar-benar membuat suasana konser jadi lebih meriah. Hanya saja ada beberapa hal yang membuat saya sedikit kecewa, pertama karena Megurine Luka hanya kebagian 3 lagu, dan kemudian tidak ada duet Kagamine Rin dan Len. Tapi selain dari 2 hal tersebut, saya merasa puas bisa menonton konser Hatsune Miku di Singapore kali ini. :mrgreen:

Oh, dan saat pulang ke rumah, saya juga baru sadar kalo prediksi saya dan teman saya tentang opening song nya salah. 😛

Concert Song List:

  1. Hajimete no Koi ga Owaru Toki /Supercell feat. Hatsune Miku
  2. Rolling Girl /Wowaka feat. Hatsune Miku
  3. Nisoku Hokou/DECO*27 feat. Hatsune Miku
  4. Albino /BuzzG feat. Hatsune Miku
  5. Love WardOSTER Project feat. Hatsune Miku
  6. Ee? A, Sou /Papiyon feat. Hatsune Miku
  7. Musunde Hiraite Rasetsu to Mukuro/Hachi feat. Hatsune Miku
  8. Hatsune Miku no gekishou / cosMo@bousou-P feat. Hatsune Miku
  9. RIP = RELEASE /Minato (Ryuusei-P) feat. Megurine Luka
  10. Double Lariat /Agoaniki feat. Megurine Luka
  11. Luka Luka★Night Fever /Samfree feat. Megurine Luka
  12. Watashi no Jikan / Kuchibashi-P feat. Hatsune Miku
  13. PoPiPo /Lamaz-P feat. Hatsune Miku
  14. *Hello, Planet. / Sasukure-P feat. Hatsune Miku
  15. Kocchi Muite Baby /Supercell feat. Hatsune Miku
  16. Yellow /kz(livetune) feat. Hatsune Miku
  17. ColourfulxMelody /Team MOER feat. Hatsune Miku, Kagamine Rin
  18. Melancholic /Junky feat. Kagamine Rin
  19. Kokoro /Toraboruta feat. Kagamine Rin
  20. Migikata no Chou/Nori-P feat. Kagamine len
  21. Fire◎Flower /Halyosy feat. Kagamine Len
  22. Iroha Uta/Ginsaku feat. Kagamine Rin
  23. Time Machine /1640mP feat. Hatsune Miku
  24. ARiA / Toku-P feat. Hatsune Miku
  25. Miku Miku ni Shite Ageru /ika feat. Hatsune Miku
  26. Uta ni Katachi wa nai keredo /doriko feat. Hatsune Miku
  27. MELT /Supercell feat. Hatsune Miku

3 pemikiran pada “AFA11 Report Part 1 – Hatsune Miku Concert

Tinggalkan Balasan

